admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Apa Itu Layar LTPO? Andalan Smartphone Kelas Atas!

1 min read

LTPO

Apa Itu Layar LTPO? – Teknologi LTPO menjadi jawaban dimana banyak produsen smartphone mulai mengadopsi dukungan layar dengan refresh rate tinggi.

Layar dengan refresh rate tinggi akan memberikan pengalaman lebih baik ketika digunakan gaming, menonton video, browsing karena animasi terlihat sanagat halus.

Tapi, dengan membuat HP dengan refresh rate tinggi akan membuat pemakaian dayanya lebih tinggi lagi, solusinya adalah dengan meningkatkan kapasitas dayanya.

Tapi, meningkatkan kapasitas baterai sebuah smartphone dapat membuat dimensi perangkat menjadi lebih besar dan bobotnya semakin berat.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Namun, LTPO menjadi jawaban alternatif yang dipilih oleh sejumlah perusahaan ternama seperti iPhone, Samsung, OnePlus, hingga Google.

Apa Itu LTPO?

Apa Itu Layar LTPO, LTPO adalah teknologi yang diperkenalkan pertama kali oleh Apple. LTPO atau Low-Temperature Polycrystalline Oxide, adalah material menyempurnakan kemampuan lapisan transistor yang dipakai pada layar OLED (Organic Light-Emitting Diode).

Bagi kamu yang belum tahu, layar OLED menggunakan lapisan transistor dari LTPS (Low-Temperature Polycrystalline Silicon) dimana belum mendukung perubahan refresh rate secara dinamis.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Teknologi LTPO dirancang untuk menjawab kekurangan LTPS tersebut. Material baru yang ditawarkan olehnya mempunyai kemampuan adaptif untuk menyesuaikan refresh rate layar berdasarkan kebutuhannya.

Dengan layar yang memakai LTPO, produsen smartphone tidak perlu menambahkan komponen khusus untuk menjembatani panel dengan GPU atau pengolah grafis. LTPO memungkinkan layar menggunakan refresh rate yang bisa berubah-ubah secara dinamis.

Panel yang dikembangkan dengan LTPO juga mempunyai dukungan animasi yang lebih luas.

Selain bisa menyentuh refresh rate tinggi seperti layar OLED, teknologi ini memungkinkan perangkat memiliki tingkat refresh rate yang sangat rendah.

Layar dengan teknologi LTPO pada Google Pixel 6 Pro dan lini iPhone 13 misalnya bisa digunakan hingga 10Hz. Sementara pada OnePlus 9 Pro, OPPO Find X3 Pro, atau Apple Watch 6 bahkan bisa sampai dengan 1Hz.

Keunggulan Panel Layar LTPO

Kombinasi antara perubahan refresh rate yang dinamis dan dukungan rentang sangat luas dari layar LTPO memungkinkan smartphone menghemat pemakaian daya.

Smartphone dengan layar LTPO dapat dengan adaptif beralih dari layar 120Hz saat dipakai bermain game atau menonton video menjadi 10Hz ketika hanya untuk menampilkan notifikasi.

Manfaat utama LTPO adalah mengurangi konsumsi daya ini dengan memvariasikan kecepatan refresh. Inilah tepatnya bagaimana Apple dapat membuat Apple Watch Series 5 (dan penggantinya).

Perangkat yang dapat dikenakan terbaru dari Apple memiliki tampilan yang selalu aktif sementara baterai bertahan sepanjang hari.

Teknologi LTPO mewakili langkah maju baru untuk perangkat yang dapat dikenakan seperti smartphone dan perangkat yang dapat dikenakan.

Peningkatan ini tidak langsung terlihat dalam hal kualitas tampilan yang terlihat lebih baik, tetapi memberikan peningkatan efisiensi yang akan membantu meningkatkan masa pakai baterai.

admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.