admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Apa Itu PCE? Pengertian, Keunggulan dan Manfaat

1 min read

Apa Itu PCE? – PCE atau Personal Consumption Expenditure adalah hal yang kerap disebut-sebut dalam laporan resmi bank sentral AS, The Fed tiap kali mengumumkan hasil rapat komite pasar federal terbuka (FOMC).

PCE Adalah Indeks Pengeluaran Pribadi

Personal Consumption Expenditure (PCE) adalah indeks yang mengukur tingkat kenaikan rata-rata harga dari konsumsi domestik. Personal Income, PCE dan PCE Price Indeks dirilis tiap bulan oleh Bureau of Economic Analysis (BEA) Amerika Serikat sebagai salah satu indikator tingkat inflasi.

Seperti indeks inflasi biasanya, PCE memperkirakan kenaikan harga barang dan jasa jangka panjang dan jangka pendeknya. Dibandingkan dengan Consumer Price Indeks (CPI), atau lindeks harga konsumen, PCE lebih dipercaya oleh Federal Reserve sebagai acuan dalam mengabil kebijakan moneter karena metodenya yang lebih relevan mencerminkan inflasi.

PCE vs Indeks Harga Konsumen Biasa

Tidak seperti di Indonesia dimana indeks inflasi hanya dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), di Amerika serikat indeks inflasi tidak hanya satu. Selain PCE, Amerika juga punya Consumer Price Indeks (CPI) yang dirilis oleh Labour Bureau.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Meskipun senada, keduanya memiliki pengggemarnya masing-masing. PCE lebih digemari oleh dunia moneter sementara CPI lebih disukai oleh ekonom.

Selain itu, keduanya kerap berbeda dalam menyebutkan angka pergerakan harga barang konsumsi. Mengapa bisa demikian? Berikut adalah kelebihan dan kelemahan PCE jika dibandingkan dengan PCI.

Kelebihan PCE

PCE menyajikan data pergerakan harga barang dan jasa konsumsi yang lebih relevan. Sebab, survei harga yang dilakukan BEA bukan hanya kepada konsumen melainkan juga kepada dunia usaha.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Data yang disajikan juga lebih luas cakupannya, yakni meliputi barang dan jasa yang dibeli oleh seluruh rumah tangga di semua negara bagian. Sebagai informasi, CPI hanya menggunakan data rumah tangga urban saja.

Kelemahan PCE

Formula perhitungan PCE menggunakan komponen Produk Domestik Bruto (PDB) nasional di Amerika Serikat.  Hal ini menjadi kelemahan PCE sebab PDB merupakan komponen yang dihitung tiap kuartal, sementara PCE dipublikasikan tiap bulan.

Sehingga, sangat mungkin ada bias perhitungan dari angka PDB yang belum diperbaharui pada bukan kedua dan ketiga tiap kuartal.

Manfaat Mengukur PCE

PCE memungkinkan ekonom, masyarakat dan korporasi melihat kinerja ekonomi. Sebab, PCE adalah ukuran ihwal bagaimana konsumen membelanjakan uangnya dalam berbagai kategori.

Pengukuran ini juga memberitahu jika terjadi perubahan dalam pola konsumsi masyarakat saat harga bergerak. Informasi ini penting untuk mengetahui permintaan atas suatu barang dan jasa.

Selain itu, PCE juga dinanti investor untuk menentukan sikap The Fed dalam merespons inflasi. Sebab, gerak-gerak The Fed tersebut bisa menjadi petunjuk investor dalam berinvestasi.

admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *