admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Apa Itu Valuta Asing? Fungsi dan Jenis-jenisnya

1 min read

Valas (Valuta Asing) – berikut penjelasan singkat mengenai apa itu valuta asing dan apa fungsinya dan jenis jenisnya bersumber dari OJK dan KBBI.

valuta asing

“N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional.”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan International (foreign exchange).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Valuta Asing?

Valuta Asing (valas) adalah mata uang yang dapat digunakan dan diterima dalam dunia perdagangan internasional. Mata uang asing ini tidak berlaku sebagai alat pembayaran yang sah untuk transaksi di dalam negeri, tetapi banyak digunakan dalam transaksi dan keuangan internasional.

Valuta asing yang paling banyak digunakan saat ini adalah Dollar Amerika atau US Dollar (USD). Valuta asing ini juga termasuk kedalam salah satu bentuk devisa.

Fungsi Valuta Asing

Berikut adalah fungsi dari valuta asing:

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona
  • Alat tukar internasional. valas bermanfaat untuk bertransaksi saat berada di luar negeri. Selain itu, valas juga bisa untuk kegiatan tukar-menukar barang dan jasa dengan negara lain, misalnya dalam ekspor dan impor.
  • Alat pengendali kurs. Valas bermanfaat sebagai pembanding nilai mata uang antar negara, atau yang biasa akrab kita kenal dengan istilah kurs, dimana kurs mata uang suatu negara bisa melemah atau menguat. Valas bermanfaat sebagai alat untuk mengendalikan kurs mata uang asing.
  • Alat pembayaran internasional. Valas berfungsi sebagai alat pembayaran internasional, misalkan suatu negara mempunyai hutang dengan negara lain, maka negara yang berhutang bisa membayarkan hutangnya dengan valuta asing.
  • Alat mempermudah perdagangan internasional. dengan valas maka setiap negara bisa melakukan kegiatan jual beli atau transaksi antar negara tanpa terkendala mata uang.

Jenis-jenis Valuta Asing

Valas dibedakan menjadi dua kelompok, dan berikut penjelasannya:

  • Valuta asing fisik. Valas fisik biasanya berupa uang asing atau uang negara lain dalam bentuk uang kartal, baik yang berupa uang kertas bank, uang kertas negara, ataupun uang logam.
  • Valuta asing non fisik. Valas non fisik biasanya berbentuk uang giral atau surat-surat berharga. Contohnya antara lain cek, wesel, internasional money, travelers, dan cheque.
admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *