admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Strategi Baru! Tips Bisnis Online untuk UMKM Tahun Depan

1 min read

Tips UMKM dalam bisnis online – Dilansir dari Detikcom, Berbelanja online selama pandemi COVID-19 membuat Industri e-commerce terus naik daun.

Hal ini telah mendorong kesiapan pasar Indonesia pada sistem ritel yang omnichannel, yakni sistem dengan model bisnis lintas channel yang menghubungkan operasional bisnis online dan offline.

E-commerce di Indonesia diprediksi masih terus bertumbuh hingga 21% di tahun 2025. Riset mengungkap, umumnya produk yang paling dicari dan dibeli adalah fashion dan aksesoris.

Dengan rincian 85,6% konsumen berbelanja di marketplace dan diikuti dengan social commerce dan website brand. Konsumen lebih memilih bertransakasi di marketplace karena adanya banyak promo yang menarik.

“Peningkatkan penjualan dan menjangkau konsumen yang lebih luas dan beragam dibantu oleh Strategi omnichannel. E-commerce enabler seperti SIRCLO membantu brand menjadi omnipresent melalui integrasi dengan beragam industri,” kata Head of Katadata Insight Center (KIC), Adek Media Roza.


Komisaris SIRCLO dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (2015-2019), Triawan Munaf mengatakan, sekitar 74,5% konsumen tetap berbelanja secara offline dan online saat pandemi, walaupun lebih banyak memilih berbelanja online.

Triawan menjelaskan mengenai pentingnya menerapkan strategi omnichannel seperti  

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona
  • Strategi omnichannel bisa diterapkan di masa pandemi dan seterusnya.
  • Dapat mengintegrasikan sumber daya offline dan online
  • Konsumen mendapat pengalaman berbelanja yang seamless di setiap platform
  • Strategi ini menggabungkan kanal online dan offline mulai dari pembayaran, touch point penjualan, fulfillment & investaris, logistik dan pengiriman, ERP, dan pelanggan.

Dengan demikian, strategi omnichannel menjadi solusi untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang konsisten serta dipersonalisasi,” kata Triawan.

Strategi omnichannel, menurut Triawan sudah paripurna. Pasalnya, strategi ini menggabungkan kanal online dan offline mulai dari pembayaran, touch point penjualan, fulfillment & investaris, logistik dan pengiriman, ERP, dan pelanggan.

Tips Untuk UMKM

Beberapa tips untuk UMKM yang dapat diterapkan adalah

  • Mengembangkan produk agar bisa berkembang dengan cepat
  • Mulai berpikir ke depan atau kearah digitalisasi
  • UMKM  memberikan dan berlomba  dalam membuat keunikan produk.
  • Go digital adalah salah satu strategi UMKM dan memanfaatkan peluang yang menunggu baik di pasar lokal maupun internasional

Sebagai upaya dan strategi pemerintah untuk mendorong percepatan digitalisasi ekonomi, Asisten Deputi Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian, Rizal Edwin Manansang, menjelaskan upaya pemerintah dalam membantu UMKM dilakukan melalui dua pendekatan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Ekosistem UMKM

Yang pertama adalah menguatkan ekosistem UMKM itu sendiri, seperti memudahkan perizinan, memberikan insentif perpajakan, sertifikasi produk, serta memudahkan akses terhadap pasar, pembiayaan, dan bahan baku.

Ekosistem e-commerce

Pendekatan kedua adalah penguatan ekosistem e-commerce itu sendiri.

“Pemerintah akan terus menciptakan iklim usaha yang adil, membuat aturan soal pembayaran digital, logistik, menyiapkan infrastruktur digital dan lain-lain.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah memperluas literasi digital dan membentuk mindset yang benar dari para pengusaha,”

Agar brand mampu menghadirkan pengalaman omnichannel yang optimal kepada konsumen, brand membutuhkan ekosistem e-commerce yang kuat dan terukur.

Maksudnya dapat difasilitasi oleh kemampuan e-commerce enabler seperti SIRCLO Commerce untuk mengintegrasikan berbagai kanal dan platform, dan mengelolanya secara efektif.

admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.