admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Apa Itu ETF? Definisi, Keuntungan, Dan Kekurangan

2 min read

Apa itu ETF? Exchange Traded Fund atau ETF adalah jenis reksa dana yang diperdagangkan di bursa saham. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis produk reksa dana yang diperdagangkan, yakni mulai dari reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana pendapatan tetap (RDPT), serta reksa dana campuran.

Perbedaan utama antara ETF dengan reksa dana biasa yakni ETF diperdagangan secara langsung di bursa efek seperti layaknya saham, sehingga ETF bisa dibeli melalui perusahaan efek (broker), sementara reksa dana dibeli lewat agen penjual reksa dana (APERD).

Secara lebih jelas mengenai pengertian ETF, keuntungan, risiko:

Pengertian ETF

Dikutip dari laman Sikapi Uangmu yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dijelaskan, ETF adalah reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (ETF) yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek. Meski ETF pada dasarnya adalah reksa dana, produk ini diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di bursa efek.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

OJK mendefinisikan ETF sebagai reksa dana yang kinerjanya mengacu pada indeks tertentu. ETF ditujukan untuk memperoleh hasil investasi sesuai atau bahkan melampaui kinerja pasar.

Keuntungan dan Kekurangan ETF

Tentu saja, sama seperti jenis produk investasi lain, terdapat keuntungan dan kerugian ETF:

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Keuntungan ETF

ETF memberikan berbagai manfaat relatif terhadap jenis dana lain, seperti reksa dana. Ingatlah bahwa terlepas dari keuntungan ini, semua ETF membawa risiko berdasarkan investasi dasar yang mereka miliki (dan kamu, sebagai investor, akan mendapatkan eksposur sebagai pemegang ETF, misalnya):

  • Perdagangan “Intraday”: harga ETF dapat bergerak pada siang hari dan dapat diperdagangkan sepanjang jam perdagangan. Misalnya, pedagang harian dapat membeli ETF di pagi hari, menjualnya saat makan siang, dan kemudian membelinya lagi di sore hari.
  • Perdagangan Ganda: ETF diperdagangkan seperti saham di bursa dalam lebih dari satu cara. Selain membeli satu saham ETF, dengan beberapa broker (meskipun bukan Robinhood Financial LLC), kamu juga dapat menjual beberapa ETF pendek atau membeli ETF tertentu dengan margin.
  • Keragaman: Berbagai macam ETF yang tersedia memudahkan untuk memberikan keragaman pada portofoliomu. ETF yang berbeda dan semakin khusus mengkhususkan pada sektor, area, dan sekuritas tertentu yang dapat membantu menyeimbangkan investasimu yang lain.
  • Dividen dan Keuntungan: Pemegang ETF adalah pemilik tidak langsung dari perusahaan yang mendasari tempat dana disimpan, sehingga mereka menerima beberapa manfaat dari saham yang mendasari di mana ETF berinvestasi, termasuk dividen yang didistribusikan kepada pemegang saham.
  • Dividen dan Keuntungan: Pemegang ETF adalah pemilik tidak langsung dari perusahaan yang mendasari tempat dana disimpan, sehingga mereka menerima beberapa manfaat dari saham yang mendasari di mana ETF berinvestasi, termasuk dividen yang didistribusikan kepada pemegang saham.

Kerugian dari ETF

Berinvestasi serius, apa pun jenis investasinya, saham, komoditas, reksa dana, atau ETF. Selain manfaat ETF, ada juga kelemahan penting yang perlu diingat. ETF membawa risiko, apakah itu risiko pasar umum atau risiko spesifik perusahaan tempat ia berinvestasi. Berikut adalah beberapa kerugian utama yang perlu diingat:

  • Keberagaman : Meskipun ETF adalah dapat membawa keragaman ke dalam portofolio, ETF tidak semuanya beragam. Beberapa menyediakan akses ke berbagai stok dalam wilayah, sektor, atau topik tertentu, tetapi tidak semua melakukannya.
  • Lebih banyak (atau lebih sedikit) manajemen aktif: Beberapa ETF adalah lebih aktif dikelola daripada yang lain yang secara pasif melacak indeks.
  • Ketidakstabilan pasar: ETF telah mendapatkan perhatian serius. Pertumbuhan popularitas ETF selama dekade terakhir telah menghasilkan lonjakan dana yang melacak berbagai indeks atau industri. Akibatnya, volatilitas pasar dapat diperbesar karena investasi yang digerakkan oleh algoritma oleh beberapa dana.
  • Dapat diperdagangkan: ETF dapat berdagang sepanjang hari seperti saham, tetapi itu tidak berarti mereka mudah untuk berdagang. Beberapa ETF yang berfokus pada lebih banyak ceruk atau sektor yang tidak jelas mungkin memiliki pembeli dan penjual yang relatif sedikit, menjadikannya lebih sulit untuk memperdagangkan saham ETF mu dengan cepat pada harga yang kamu inginkan.
  • Pengaruh dan Volatilitas: Beberapa ETF adalah dirancang untuk memperkuat pergerakan pasar – menggambarkan smoothie, tetapi sarat dengan kafein. Seseorang dapat terstruktur untuk melacak pasar yang lebih luas. Tetapi mungkin dapat dimanfaatkan sehingga naik tiga kali lebih besar dari apa yang dilakukan indeks. Itu juga berarti ia turun tiga kali lipat dari jumlah ketika pasar menurun. Kafein yang tinggi dapat menyebabkan crash kafein.
admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *