admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Apa itu Asuransi Unit Link Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

2 min read

unit link

Apa itu Asuransi Unit Link Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya – Kamu mungkin sedang ingin mencari informasi mengenai asuransi unit karena tertarik dengan asuransi jensi ini, jadi jangan tergesa gesa unituk membeli unit link jika kamu belum tahu benar apa itu jenis produk perlindungan yang bersifat unit link ini. 

Secara sederhana dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), unit link adalah jenis asuransi yang mengkombinasikan asuransi permanen (whole life) dengan produk investasi. Mau tau lebih jelasnya, simak dengan ulasan ini ya!

Asuransi unit link adalah gabungan antara proteksi umumnya produk asuransi sekaligus juga produk investasi. Premi yang kita bayarkan akan diinvestasikan ke dalam instrumen investasi sesuai yang kita inginkan. Tujuannya, agar dapat memperoleh hasil maksimal.

Pemegang premi punya aksesibilitas untuk memilih instrumen investasinya, apakah di reksa dana, pasar uang, pasar saham, obligasi, atau bahkan campuran antara instrumen-intrumen tersebut, jadi pemegang premilah yang menanggung risiko atas investasi dari unit link.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Membeli produk unit link itu ibarat menyelam sambil minum air. Sekali membeli, dua sasaran langsung kita raih. Pertama, memperoleh perisai asuransi untuk melindungi kita dari kejadian tak terduga di masa depan. Kedua, mendapatkan manfaat investasi yang akan menambah aset kita.

Hal ini karena di dalam skema produk unit link, uang yang disetorkan nasabah tidak hanya diperuntukkan membayar premi asuransi, tetapi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi melalui manajer investasi, agar nilainya terus berkembang.

Kalau begitu, apa saja perbedaan asuransi biasa dan unit link? Teliti  penjelasan singkat perbedaan antara asuransi unit link vs biasa.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

1. Dari Segi Premi

Pada asuransi tradisional, premi hanya dialokasikan untuk proteksi saja. Sedangkan pada produk perlindungan yang bersifat unit link ini, sebagian premi dialokasikan untuk proteksi serta investasi.

2. Dari Segi Manfaat

Perbedaan asuransi murni dan unit link selanjutnya dari segi manfaat, yaitu pada asuransi murni atau disebut juga dengan asuransi tradisional tidak menawarkan manfaat lain selain memberikan penanggungan biaya proteksi kepada pemegang polis. Hal ini berbeda dengan jenis produk perlindungan bersifat unit link yang menawarkan manfaat tidak hanya berupa proteksi melainkan juga investasi.

Ada beberapa manfaat produk asuransi unit link sekaligus keuntungan jika kamu memiliki asuransi tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. Double Manfaat

Asuransi jiwa unit link memiliki dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan dan investasi dalam satu polis. Jadi kita sebagai nasabah tidak perlu pusing mengurus dana investasi dan dana perlindungan atau asuransi secara terpisah.

2. Masa Pertanggungan Panjang

Produk unit link menawarkan masa pertanggungan yang cukup panjang, hingga tertanggung berusia 99 tahun dan informasi ini tercantum di dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis.

3. Memudahkan Proses Investasi

Jenis produk perlindungan bersifat unit link dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang, sehingga dapat membantu kamu dalam memenuhi tujuan keuangan, misalnya dana pendidikan dan dana pensiun.

4. Dana Lebih Fleksibel

Unit link adalah asuransi yang fleksibel dan memudahkan kamu dalam menambah dana ataupun menarik dana. Dengan fleksibilitas tersebut, kamu punya peluang untuk menambah, menarik dana, ataupun mengalihkan dana dengan mudah.

5. Memiliki Fasilitas Cuti Premi

produk perlindungan yang bersifat unit link ini menawarkan fitur cuti premi yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah unit link ketika belum bisa bayar karena kondisi finansial yang tiba-tiba jatuh.

Berikut ini beberapa contoh asuransi unit link yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia.

1. Prudential

Produk asuransi unit link Prudential dirilis oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Perusahaan ini bagian dari grup Prudential yang bergerak di bidang jasa keuangan terkemuka di Inggris.

2. Allianz

Allianz merupakan produk dari Allianz Group, perusahaan asuransi dan manajer aset terkemuka di dunia. Jenis-jenis asuransi unit link Allianz yang ditawarkan antara lain asuransi jiwa hingga kesehatan.

3. Sequis Life

Sequislife merupakan perusahaan asuransi yang berfokus melayani nasabah individu dan perusahaan. Produk Sequislife yang terkenal  mencakup asuransi jiwa dan kesehatan.

4. BNI Life

BNI Life merupakan produk asuransi di bawah PT BNI Life Insurance. Produk-produk asuransi BNI Life antara lain asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, pensiun dan syariah, dan lain lain.

admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.