admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Apa Itu NFT? Definisi, Contoh dan Marketplace Indonesia

1 min read

Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang populer di dunia kripto karena nilainya bisa mencapai ratusan juta. Sebagian besar NFT diperdagangkan menggunakan ether (ETH), koin buatan Ethereum.

Apa itu Non-Fungible Token (NFT)?

Untuk memahami NFT, pertama-tama kita perlu melihat dua kata kunci dalam namanya, Non-fungible yang berasal dari kata Fungibility dan Token.

Fungibility adalah kemampuan suatu aset untuk ditukar atau diganti dengan aset serupa yang memiliki nilai yang sama. Sementara itu, token adalah aset digital yang mewakili barang, layanan, atau bentuk nilai lainnya.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Jadi, Non-Fungible Token (NFT) adalah aset digital yang dapat mewakili barang nyata dan memberikan dan memiliki nilai atau harga yang tidak dapat diganti atau ditukarkan.

Marketplace NFT Indonesia

Ini pasti menjadi soal yang kamu pikirkan sekarang, gimana cara menjual karya lewat NFT? sebab NFT dapat jadi tempat di mana karyamu dapat dihargai sangat mahal. Nah, saat sebelum menjual ataupun membeli karya NFT, pasti kalian wajib mempunyai akun di marketplace NFT.

Sebaiknya kamu memilah marketplace NFT yang pas sebab platform NFT akan memeberikan spesialisasi tipe karya digital yang dapat dijual dengan NFT. Salah satu marketplace NFT terpopuler di pasar internasional merupakan OpenSea. 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Namun tahukah kamu, ternyata di Indonesia terdapat beberapa marketplace local untuk nft Indonesia yang siap untuk dikembangkan. Penasaran apa saja marketplace NFT buatan asli yang dikembangkan langsung oleh orang Indonesia? Berikut daftarnya.

1. TokoMall

TokoMall adalah salah satu marketplace NFT dan dengan konsep berbeda. Platform ini mendukung merek, artis, hingga kreator lokal untuk mempublish karya mereka. TokoMall dapat menjadikan siapapun menjadi kreator ataupun kolektor untuk membuat dan mengoleksi NFT.

Untuk bisa bertransaksi di platform ini, kreator dan kolektor wajib memiliki dompet digital yang dapat dihubungkan dengan TokoMall.

2. Artsky

Jika kamu suka dengan metode jual beli NFT secara langsung alias tanpa pihak ketiga, mungkin Artsky ini bisa jadi pilihan yang pas. Kamu bisa langsung bertemu dengan penjual dan pembeli tanpa melalui perantara developer kalau mau jualan NFT di sini.

3. Kolektibel

Kolektibel adalah marketplace NFT. Dengan marketplace ini, kamu bisa menjual berkaitan dengan seni dan budaya, contoh, foto, gambar, musik dan sebagainya. 

Marketplace Kolektibel didesain untuk membawa NFT agar diadopsi oleh orang Indonesia secepat dan seoptimal mungkin. Marketplace NFT Kolektibel dikembangkan menggunakan  jaringan publoc blockchain Vexanium untuk mencatat kepemilikan NFT.

4. Baliola

Darinamanya saja udah terlihat dari mana marketplace ini, marketplace ini dibuat di Bali. Baliola adalah marketplace NFT lokal yang didirikan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Denpasar. Platform ini menjual berbagai produk seniman Bali dalam bentuk NFT. 

Salah satu tujuan dari marketplace ini adalah untuk menghargai karya-karya seniman dengan mewadahi seni dan mengapresiasinya melalui NFT. Karena Bali terkenal dengan senimannya, maka kamu akan terpesona dengan beragam karya yang ada di marketplace dan 

5. Paras.id

Melansir dari cnn, Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan adalah orang-orang dibalik perkembangan marketplace Paras.id, platform NFT sepenuhnya dikembangkan oleh anak local dari Indonesia. Paras.id bisa menjadi salah satu platfom untuk para seniman memamerkan karyanya. Sedikit tambahan, Paras.id ini menggunakan uang kripto NEAR sebagai alat tukar antara kreator NFT dan kolektor NFTnya.

Kesimpulan

Jadi, itu dia beberapa marketplace NFT yang dikembangkan langsung oleh Indonesia, dari sekian banyak marketplace NFT di Indonesia yang mana yang kamu pilih yang mana? Jika kamu tertarik membeli ataupun menjual karya NFT, mungkin Tokomall sudah menjadi pioneer platfom perdagangan NFT di Indonesia karena Marketplace NFT mendukung para seniman, artis, creator local untuk memamerkan karyanya di dunia.

admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.