admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Rug Pull Dalam Crypto dan NFT dan Cara Menghindarinya

2 min read

Apa itu Rug pull – Beinvestasi aset baru seperti crypto ataupun nft mulai menghadapi babak baru, yaitu celah aksi scam atau penipuan dengan skema rug pull.

Salah satu contoh praktik penipuan di dunia ini adalah rug pull. Apa itu rug pull dan bagaimana cara menghindarinya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Pengertian Rug Pull

Rug pull adalah sebuah istilah dalam dunia mata uang kripto. Secara harafiah, rug pull adalah menarik karpet. Tapi dalam dunia kripto, rug pull memiliki arti lain.

Ini merupakan tipe scam atau penipuan di mana developer koin/token meninggalkan sebuah proyek begitu saja dan membawa kabur uang yang telah ditanamkan para investor.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Jadi secara sederhana, rugg pull dapat diartikan “uang dibawa kabur” oleh developer koin/token. Sehingga investor atau pemegang koin/token lainnya menjadi merana, karena nilainya menjadi turun atau menjadi tidak berharga karena tidak dapat diperjual belikan.

Dalam industri blockchain, hampir setiap hari muncul ratusan koin/token baru. Hampir sebagian besar koin/token yang muncul adalah scam. Dalam industri ini sistem keamanan dan transparansi sering kali diabaikan. Banyak praktik curang seperti rug pull  yang sering terjadi.

Rug pull adalah bentuk penipuan dalam kripto ketika developer meninggalkan proyek yang mereka garap, setelah sebelumnya mengumpulkan dana dari investor.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Mereka melakukan penjualan aset crypto dari proyek yang mereka kembangkan secara serentak dan dalam jumlah banyak sehingga nilai aset yang dimiliki investor menjadi tidak berharga.

Bagaimana cara mengidentifikasi dan menghindari rug pull

Rug pull adalah salah satu metode manipulasi penipu yang caranya tidak melalui metode phishing, peretasan, dan cara tersembunyi lainnya. Manipulasi ini terjadi secara publik dan hal tersebut justru membuatnya lebih sulit diidentifikasi dibanding penipuan lainnya. 

Exit scam memanfaatkan salah satu kelemahan aset kripto yang jarang dibicarakan yaitu kekuatan penyebaran informasi, FOMO (fear of missing out), dan komunitas crypto yang dengan mudah bisa mempengaruhi satu sama lain.

Untuk itu, kita harus meneliti sebuah aset sebelum membelinya agar bisa membedakan antara aset kripto baik dan proyek rug pull. Berikut beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan untuk mengidentifikasi proyek yang berpotensi melakukan rug pull.

White paper bisa menjadi salah satu indikator rug pull saat melihat sebuah aset kripto. Aset crypto yang baik pasti memiliki white paper formal yang mendetail.
Setiap aset kripto memiliki white paper. Sumber: brightnodes.io

1. mengecek tim developer di balik sebuah proyek

Pertama, sebelum berinvestasi dalam sebuah aset kripto, kita harus tau siapa orang atau organisasi yang membentuk dan mengawasi aset tersebut.

Terlepas dari potensi rug pull, mengecek tim aset cryptocurrency dapat menentukan kita nilai intrinsik dan menemukan semua informasinya.

Kita harus mengetahui siapa saja yang berada pada struktur organisasinya, bagaimana sejarah mereka, dan bagaimana potensi kedepannya.

Selain itu, kita juga perlu membaca white paper setiap proyek aset kripto untuk mengetahui bagaimana rencana jangka panjangnya. Apa tujuan pembuatannya, dan bagaimana teknologi dibaliknya.

Sebuah proyek cryptocurrency yang sah dan legal akan memiliki informasi mendetail tentang semua hal di atas. Sebaliknya, proyek berpotensi rug pull akan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali informasi tentang proyeknya.

2. Melihat data dan informasi jaringan

Kedua, dalam konteks jaringan blockchain, kita bisa melihat aktivitas on-chain dari sebuah aset kripto. Hal ini termasuk data volume perdagangan dalam beberapa hari terakhir, berapa jumlah likuiditasnya, dan berapa DEX yang mendaftarkannya sebagai sebuah aset kripto yang sah.

Proyek yang memiliki potensi rug pull biasanya hanya terdaftar dalam beberapa DEX saja dan memiliki aktivitas perdagangan yang kecil (likuiditasnya kecil).

Selain itu, kita juga bisa menggunakan block explorer untuk melihat siapa saja yang memegang aset kripto tersebut dan apakah jumlahnya banyak atau sedikit. Sebuah aset kripto yang sah akan tersebar dalam banyak pengguna meskipun belum populer.

Sementara itu, aset yang berpotensi mengalami rug pull biasanya dimiliki oleh jumlah yang sedikit (hanya dimiliki penipu) dan mereka memilikinya dalam jumlah besar.

3. Menghindari FOMO dan membaca berita

Terakhir, kita perlu menyelaraskan data yang kita cari dengan berita yang sedang populer. Kita bisa mengetahui bagaimana respon komunitas crypto terhadap aset tersebut, melihat forum-forum populer seperti reddit, dan juga memeriksa berita dari situs-situ crypto terpercaya.

Hal ini dilakukan agar kita tidak terjebak dalam FOMO dan bisa melihat gambaran besar popularitas sebuah aset kripto.

Saat kita membaca berita dari berbagai sumber, kita bisa menggunakan sisi kritis kita untuk mengalahkan sisi emosional FOMO yang dimiliki. Selain itu, membaca banyak berita juga memungkinkan kita untuk membedakan mana media promosional dan mana yang fakta terpercaya yang bersifat netral.

admin Membahas dengan sederhana rumus-rumus yang ada di matematika dan finansial - Bagi Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.